Berilah tanda silang pada jawaban yang paling benar dari sejumlah pilihan jawaban
yang tersedia..
1. Serangkaian kegiatan untuk menetapkan ukuran terhadap suatu gejala menurut aturan
tertentu adalah:
a. pengukuran
b. pensekoran
c. penilaian
d. pengujian
e. evaluasi
2. Serangkaian kegiatan yang sistematik untuk dapat menentukan manfaat atau
kegunaan suatu obyek atau program adalah:
a. pengukuran
b. pensekoran
c. penilaian
d. pengujian
e. evaluasi
3. Di bawah ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan assesmen
hasil belajar peserta didik, kecuali:
a. ditujukan untuk mengukur pencapaian kompetensi;
b. menggunakan acuan kriteria berdasarkan pencapaian kompetensi;
c. ditindaklanjuti dengan program remedial dan pengayaan;
d. dilakukan pengulangan jika ternyata hasilnya banyak yang jelek.
e. dilakukan sesuai dengan kegiatan pembelajaran;
4. Assesmen hasil belajar peserta didik harus memperhatikan prinsip-prinsip
sebagai berikut, kecuali:
a. sahih (valid)
b. objektip,
c. adil,
d. kooperatip;
e. terpadu.
5. Kemampuan yang berhubungan dengan minat dan sikap yang dapat berbentuk
tanggung jawab, kerjasama, disiplin, komitmen, percaya diri, jujur, menghargai
pendapat orang lain, dan kemampuan mengendalikan diri adalah kemampuan:
a. kognitif
b. afektif
c. psikomotor
d. psikologis
e. kepribadian
6. Di bawah ini merupakan beberapa kelebihan tes lisan, kecuali:
a. dapat menilai kemampuan dan tingkat pengetahuan yang dimiliki peserta
didik, sikap, serta kepribadiannya karena dilakukan secara berhadapan
langsung;
b. bagi peserta didik yang kemampuan berpikirnya relatif lambat sering
mengalami kesukaran dalam memahami pernyataan soal,
c. dapat dilakukan sesuai dengan kesepatakan antara pendidik dan peserta
didik dalam menentukan waktu dan tempat tes.
d. lebih obyektif bagi pendidik dalam memberikan penilaian.
e. hasil tes dapat langsung diketahui peserta didik;
7. Tes simulasi merupakan salah satu bentuk dari teknik penilaian:
a. lisan
b. prkatik/kinerja
c. penugasan
d. portofolio
e. penilaian diri
8. Di bawah ini langkah-langkah penting dalam melakukan assesmen, kecuali:
a. menentukan tujuan penilaian
b. memperhatikan standar kompetensi (SK) dan kompetensi dasar (KD).
c. menentukan jenis alat ukurnya, yaitu tes atau non-tes atau keduanya
d. menyusun kisi-kisi tes dan pedoman penskorannya
e. menentukan kriteria ketuntasan minimal
9. Di bawah ini beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam penentuan
materi terkait dengan assesmen, kecuali:
a. urgensi, yaitu materi secara teoritis mutlak harus dikuasai oleh peserta didik,
b. kontinuitas, yaitu materi lanjutan yang merupakan pendalaman dari satu atau
lebih materi yang sudah dipelajari sebelumnya,
c. relevansi, yaitu materi yang diperlukan untuk mempelajari atau memahami,
mata pelajaran lain,
d. keterpakaian, yaitu rnateri yang memiliki nilai terapan tinggi dalam kehidupan
sehari-hari.
e. ketuntasan, yaitu batas minimal kompetensi yang harus dimiliki peserta didik
10. Di bawah ini merupakan beberapa langkah-langkah dalam penyusunan butir
soal, kecuali:
a. menentukan tujuan tes;
b. menentukan kompetensi yang akan diujikan;
c. menentukan materi yang diujikan;
d. menentukan batas ketuntasan/kelulusan
e. menyusun kisi-kisi;
Soal Siap UKG Pedagogik 2014
11. Benjamin S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan urutan berikut:
a. ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi;
b. ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis, dan evaluasi
c. ingatan, pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi
d. ingatan, pemahaman, analisis, aplikasi, evaluasi, dan, síntesis.
e. ingatan, pemahaman, aplikasi síntesis, analisis, dan evaluasi
12. Norman E. Gronlund dan R.W. de Maclay mengembangkan domain
psicomotor dengan urutan berikut.
a. persepsi, respon terpimpin, mekanisme; kesiapan, respon yang kompleks,
organisasi, dan karakterisasi dari nilai.
b. persepsi, kesiapan, respon terpimpin, mekanisme; respon yang kompleks,
organisasi, dan karakterisasi dari nilai
c. persepsi, kesiapan, mekanisme, respon terpimpin respon yang kompleks,
organisasi, dan karakterisasi dari nilai
d. persepsi, kesiapan, respon yang kompleks respon terpimpin, mekanisme;
organisasi, dan karakterisasi dari nilai
e. persepsi, kesiapan, respon terpimpin, mekanisme, respon yang kompleks,
organisasi, dan karakterisasi dari nilai
13. Di bawah ini merupakan beberapa keterampilan berpikir yang dikembangkan
Linn dan Gronlund, kecuali:
a. membandingkan
b. menjelaskan
c. hubungan sebab-akibat
d. memberi alasan..
e. meringkas
14. Di bawah ini adalah jenis perilaku yang dikembangkan Quellmalz, kecuali:
a. ingatan
b. analisis
c. perbandingan
d. penyimpulan
e. mencipta
15. Di bawah ini merupakan kaídah-kaidah dalam penulisan soal dilihat dari materi,
kecuali:
a. soal harus sesuai dengan indikator.
b. setiap pertanyaan harus diberikan batasan jawaban yang diharapkan.
c. materi yang ditanyakan harus sesuai dengan tujuan pengukuran.
d. ada petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal
e. materi yang ditanyakan harus sesuai dengan jenjang jenis sekolah atau
tingkat kelas.
16. Penilaian yang meminta peserta didik untuk mendemonstrasikan dan
mengaplikasikan pengetahuan ke dalam konteks yang sesuai dengan kriteria
yang ditetapkan adalah:
a. penilaian projeck
b. penilaian kinerja
c. penilaian produk
d. penilaian portofolio
e. penilaian non tes
17. Validitas dalam penyusunan instrumen non tes yang mengacu berdasarkan teori
adalah:
a. validitas isi
b. validitas prediktif
c. validitas konstruk
18. Pada tingkat mata pelajaran, kompetensi yang harus dicapai berupa:
a. stándar kompetensi
b. kompetensi dasar
c. standar kompetensi kelulusan
d. indikator-indikator kompetensi dasar
e. kompetensi komperhensip
19. Penilaian yang didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang
diukur, hal tersebut merupakan prinsip penilian yang:
a. adil
b. obyektif
c. valid
d. sistematis
e. akuntabel
20. Penilaian yang dapat dipertanggungjawabkan, baik dari segi teknik, prosedur,
maupun hasilnya, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang:
a. adil
b. obyektif
c. valid
d. sistematis
e. akuntabel
Soal UKG Pedagogik 2013
21. Penilaian yang dilakukan secara berencana dan bertahap dengan mengikuti
langkah-langkah yang baku, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang:
a. adil
b. obyektif
c. valid
d. sistematis
e. akuntabel
22. Daftar pertanyaan merupakan bentuk instrumen untuk teknik penilaian:
a. tes tertulis
b. tes lisan
c. tes kinerja
d. jurnal
e. portofolio
23. Penilaian yang dapat menilai kemampuan dan tingkat pengetahuan yang dimiliki
peserta didik, sikap, serta kepribadiannya karena dilakukan secara langsung
adalah salah satu kelebihan dari teknik penilaian;
a. tes tertulis
b. tes lisan
c. tes perbuatan
d. wawancara
e. portofolio
24. Materi yang diperlukan untuk mempelajari atau memahami, mata pelajaran lain
adalah hal penting dalam membuat soal berdasarkan kriteria:
25. Materi secara teoritis mutlak harus dikuasai oleh peserta didik adalah
pertimbangan untuk dimuat dalam butir-butir soal berdasarkan kriteria:
a. urgensi
b. kontinuitas
c. relevansi
d. keterpakaian
e. kompleksitas
26. Rumusan pokok soal tidak menggunakan ungkapan atau kata yang bermakna
tidak pasti seperti: sebaiknya, umumnya, kadang-kadang, kaidah penulisan soal
pilihan ganda berdasarkan kaidah:
a. materi
b. konstruksi
c. bahasa
d. etika
e. kejelasan
27. Aspek yang dinilai di antaranya meliputi: (1) tahap persiapan: pemilihan dan cara
penggunaan alat, (2) tahap proses/produksi: prosedur kerja, dan (3) tahap
akhir/hasil: kualitas serta estetika hasil karya, langkah-langkah tersebut adalah
penilaian dengan menggunakan teknik penilaian:
a. kinerja
b. produk
c. penugasan
d. lisan
e. wawancara
28. kecenderungan bertindak dalam perubahan tingkah laku melalui latihan dan
pengalaman dari keadaan tidak tahu menjadi tahu yang dapat diukur melalui:
toleransi, kebersamaan dan gotong-royong, rasa kesetiakawanan, dan kejujuran
adalah definisi operasional dari:
a. minat belajar
b. sikap belajar
c. motivasi berprestasi
d. stress belajar
e. aktivitas belajar
29. Hal-hal yang berhubungan dengan emosi atau perasaan dalam mengukur sikap
termasuk dalam dimensii:
a. kognisi
30. KKM sebagai acuan bagi pendidik dalam menilai kompetensi peserta didik sesuai
kompetensi dasar mata pelajaran yang diikuti. Pernyataan tersebut merupakan:
a. fungsi KKM
b. prinsip KKM
c. tujuan KKM
d. manfaat KKM
e. peran KKM
Soal Siap UKG Pedagogik 2014
31.Ada beberapa teknik dan alat penilaian yang dapat digunakan pendidik sebagai
sarana untuk memperoleh informasi tentang keadaan belajar peserta didik.
Berikut ini yang merupakan teknik penilaian melalui tes adalah...
a. tes perbuatan
b. teknik wawancara
c. observasi
d. tes simulasi
e. lembar penilaian fortofolio
32. Kisi-kisi yang baik harus memenuhi persyaratan berikut ini, kecuali...
a. kisi-kisi harus dapat mewakili isi kurikulum
b. menggunakan kata kerja operasional
c. komponennya diuraikan secara jelas dan mudah dipahami
d. materi yang hendak ditanyakan dapat dibuatkan soalnya
e. kisi-kisi harus dapat mewakili materi yang telah diajarkan secara tepat dan
proposional
33. Menggunakan kata kerja operasional yang tepat, serta dapat dibuatkan soal atau
pengecohnya merupakan syarat dari...
a. penyusunan kisi-kisi
b. penentuan dan penyebaran soal
c. penulisan soal bentuk penilaian kinerja
d. penyusunan butir soal tes tertulis
e. perumusan indikator soal
34. Dalam penulisan soal bentuk uraian hal yang sulit adalah menyusun pedoman
penskorannya.
Berdasarkan
metode
penskorannya.
bentuk
uraian
diklasifikasikan menjadi 2 yaitu....
a. uraian objektif dan uraian non-objektif
b. komunikatif dan inovatif
c. evaluasi dan analisis
d. kesimpulan dan pendapat
e. justifying dan inferring
35. Sebuah penilaian yang meminta peserta didik untuk mendemonstrasikan dan
mengaplikasikan pengetahuan ke dalam konteks yang sesuai dengan kriteria
yang ditetapkan adalah:
36. Minat adalah kesadaran yang timbul bahwa objek tertentu sangat disenangi dan
melahirkan perhatian yang tinggi bagi individu terhadap objek tersebut. Pendapat
ini dikemukakan oleh...
a. Cror and Crow
b. Grondlund
c. Crites
d. Thrustone
e. Donal Cambell
37. Bentuk instrumen berupa daftar pertanyaan untuk teknik penilaian berikut ini
adalah...
a. tes tertulis
b. tes lisan
c. tes kinerja
d. jurnal
e. portofolio
38. Yang merupakan tes kreativitas adalah...
a. tes verbal
b. tes lisan
c. tes analisis
d. tes mengelompokkan
e. evaluasi
Soal Siap UKG Pedagogik 2014
39. Tahap persiapan, tahap proses/produksi dan tahap akhir/hasil, merupakan
beberapa aspek yang dinilai dalam penilaian...
a. project
b. product
c. performance Assessment
d. verbal
e. kinerja
40. Fungsi KKM adalah sebagai berikut, kecuali....
a.sebagai acuan peserta didik dalam menyiapkan diri mengikuti
penilaian mata pelajaran
b. merupakan target satuan pendidikan dalam pencapaian kompetensi tiap mata
pelajaran
c. merupakan kontrak pedagogik antara pendidik dengan peserta didik dan
antara satuan pendidikan dengan masyarakat
d. dapat digunakan sebagai bagian dari komponen dalam melakukan evaluasi
program pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah.
e. Sebagai kegiatan pengambilan keputusan yang dapat dilakukan mellaui
metode kualitatif atau kuantitatif.
PELATIHAN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013
Petunjuk
mengerjakan soal
1. Berdoalah sebelum
memulai mengerjakan soal.
2. Bacalah dengan cermat semua soal (jumlah soal 50 butir).
3. Jawablah soal di bawah ini pada lembar jawaban yang tersedia.
4. Jangan memberi tanda atau coretan pada soal.
5. Tulislah identitas saudara pada lembar jawaban yang telah
tersedia.
Pilihlah
jawaban yang paling tepat dengan memberi tanda silang (X) pada salah satu huruf:
a, b, c, atau d yang mewakili jawaban
yang paling tepat pada lembar jawaban yang telah disediakan.
1.
Pembelajaran
yang menekankan pada pendekatan
keilmuan, dan berdasarkan data fakta
serta kajian empirik, merupakan pembelajaran yang menerapkan ....
a.
Pendekatan Saintifik
b.
Strategi Discovery Learning
c.
Strategi Project
Based
Learning
d.
Strategi Problem Based Learning
2. Pembelajaran
yang menekankan pada pemecahan masalah
yang tidak terstruktur (ill-structured)
dan bersifat terbuka dalam menyelesaikan masalah untuk meningkatkan berpikir
kritis, merupakan strategi pembelajaran ....
a. Saintifik
b. Problem Based Learning
c. Project
Based
Learning
d. Discovery Learning
4.
Pada saat guru
bertanya, pada saat itu pula dia membimbing atau memandu peserta didiknya belajar dengan baik. Ketika guru
menjawab pertanyaan peserta didiknya, ketika itu pula dia mendorong asuhannya
itu untuk menjadi penyimak dan pembelajar yang baik.
Pernyataan
tersebut merupakan salah satu kegiatan pendekatan saintifik, yaitu pada langkah ....
a.
mengamati
b.
menanya
c.
mengasosiasi
d.
mengumpulkan informasi
5. Peserta
didik mempraktekkan gerakan bayang-bayang tubuh manusia pada saat kena sinar matahari. Kegiatan tersebut merupakan salah satu langkah
dalam penerapan pendekatan saintifik ....
a.
mengamati
b.
mengasosiasi
c.
mengkomunikasikan
d.
mengumpulkan informasi
6.
Dalam penilaian
non tes perlu disiapkan ....
a.
Kriteria
b.
Rubrik
c.
Instrumen
d.
Standar
penilaian
7.
Suatu
teknik penilaian, di mana subyek yang ingin dinilai diminta untuk menilai
dirinya sendiri berkaitan dengan status,
proses, dan tingkat pencapaian kompetensi yang dipelajarinya
dalam mata pelajaran tertentu, adalah ....
a.
Penilaian
diri
b.
Penilaian
tes
d.
Penilaian
kinerja
8.
Proses
menarik sebuah kesimpulan yang dapat dijadikan prinsip umum dan berlaku untuk
semua kejadian atau masalah yang sama, dengan memperhatikan hasil verifikasi, merupakan ....
a.
Spesifikasi
b.
Generalisasi
c.
Optimalisasi
d.
Standarisasi
9.
Berikut ini
adalah kelebihan dalam penerapan pendekatan discovery
learning, kecuali
….
a. Siswa akan mengerti konsep dasar dan
ide-ide lebih baik
b. Mendorong siswa berfikir dan bekerja
atas inisiatif sendiri
c. Metode ini dapat membantu siswa
memperkuat konsep dirinya, karena memperoleh kepercayaan bekerja sama dengan
yang lainnya
d. Pengajaran discovery lebih cocok untuk mengembangkan pemahaman, sedangkan
mengembangkan aspek konsep, keterampilan dan emosi secara keseluruhan kurang
mendapat perhatian
10. Menurut Bruner perkembangan
kognitif seseorang terjadi melalui tiga tahap yang ditentukan oleh bagaimana
cara lingkungan, kecuali
....
a.
Symbolic
b.
Enactiv
c.
Activ
d.
Iconic
11. Yang tidak termasuk Pembelajaran Berbasis
Proyek (Project Based
Learning=PBL) adalah
....
a.
Metoda pembelajaran
yang menggunakan proyek/kegiatan sebagai media
b.
PBL merupakan pembelajaran
konvensional yang menjadikan masalah nyata sebagai penerapan konsep-konsep
ilmiah
c.
Peserta didik melakukan
eksplorasi, penilaian, interpretasi, sintesis, dan informasi untuk menghasilkan
berbagai bentuk hasil belajar
d.
Pembelajaran Berbasis
Proyek merupakan metode belajar yang menggunakan masalah sebagai langkah awal
dalam mengumpulkan dan mengintegrasikan pengetahuan baru berdasarkan
pengalamannya dalam beraktifitas secara nyata
12.
Keuntungan Pembelajaran
Berbasis Proyek adalah ....
a.
Ada kemungkinan peserta didik yang kurang
aktif dalam kerja kelompok
b.
Peserta didik
yang memiliki kelemahan dalam percobaan dan pengumpulan informasi akan
mengalami kesulitan
c.
Ketika topik yang
diberikan kepada masing-masing kelompok berbeda, dikhawatirkan peserta didik tidak bisa
memahami topik secara keseluruhan
d.
Meningkatkan motivasi
belajar peserta didik untuk belajar, mendorong kemampuan mereka untuk melakukan
pekerjaan penting, dan mereka perlu untuk dihargai
13. Kelemahan
Pembelajaran Berbasis Proyek adalah ....
a.
Meningkatkan kolaborasi
b.
Membuat peserta didik menjadi lebih
aktif dan berhasil memecahkan problem-problem yang kompleks
c.
Mendorong peserta didik untuk
mengembangkan dan mempraktikkan keterampilan komunikasi
d.
Banyak instruktur yang
merasa nyaman dengan kelas tradisional, di mana instruktur memegang peran utama
di kelas
14. Penilaian
proyek dapat digunakan untuk mengetahui pemahaman kemampuan pengelolaan. Yang dimaksud dengan kemampuan
pengelolaan pada sistem penilaian proyek adalah
....
a. Proyek
yang dilakukan peserta didik harus merupakan hasil karyanya, dengan mempertimbangkan
kontribusi guru berupa petunjuk dan dukungan terhadap proyek peserta didik
b. Kesesuaian
dengan mata pelajaran, dengan mempertimbangkan tahap pengetahuan, pemahaman,
dan keterampilan dalam pembelajaran
c. Kemampuan
peserta didik dalam memilih topik, mencari informasi, dan mengelola waktu
pengumpulan data, serta penulisan laporan
d. Kemampuan
penyelidikan dan kemampuan menginformasikan peserta didik pada mata pelajaran
tertentu secara jelas
15. Penilaian
proyek dapat digunakan untuk mengetahui pemahaman kemampuan relevansi. Yang dimaksud dengan kemampuan relevansi pada sistem penilaian proyek
adalah
….
a.
Kesesuaian dengan mata
pelajaran, dengan mempertimbangkan tahap pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan
dalam pembelajaran
b.
Kemampuan penyelidikan
dan kemampuan menginformasikan peserta didik pada mata pelajaran tertentu
secara jelas
c.
Kemampuan peserta didik
dalam memilih topik, mencari informasi dan mengelola waktu pengumpulan data,
serta penulisan laporan
d.
Proyek yang dilakukan
peserta didik harus merupakan hasil karyanya, dengan mempertimbangkan
kontribusi guru berupa petunjuk dan dukungan terhadap proyek peserta didik
16. Pembelajaran
Berbasis Masalah (PBM) sangat diperlukan dalam pembelajaran dewasa ini karena ….
a.
PBM berbeda dengan
pembelajaran konvensional yang menjadikan masalah nyata sebagai penerapan
konsep-konsep ilmiah
b.
peserta didik perlu
mendapatkan konsep-konsep faktual dalam menyelesaikan masalah sehingga dapat
menemukan strategi pemecahan masalah baru
c.
PBM menjadikan masalah
nyata sebagai pemicu bagi proses belajar siswa untuk mengidentifikasi informasi
dan strategi yang relevan menyelesaikan masalah
d.
peserta didik dapat
memperoleh atau membangun pengetahuan tertentu dan sekaligus mengembangkan
kemampuan berpikir kritis dan keterampilan menyelesaikan masalah
17.
Tahapan-tahapan PBM
dilaksanakan secara sistematis berpotensi dapat mengembangkan kemampuan siswa
dalam menyelesaikan masalah dan sekaligus dapat menguasai pengetahuan yang
sesuai dengan kompetensi dasar tertentu. Tahapan-tahapan PBM tersebut ….
a.
disesuaikan dengan
tingkat kesulitan masalah yang diberikan sehingga proses pembelajaran dapat
berlangsung secara saintifik dan memperoleh hasil yang diharapkan
b.
ditentukan sendiri oleh
peserta didik dan disesuaikan dengan tingkat kompleksitas masalahnya sejalan
dengan tahapan-tahapan pembelajaran saintifik
c.
dirancang bersama
antara guru dengan peserta didik, disesuaikan dengan langkah-langkah
pembelajaran saintifik dan disesuaikan dengan Permendikbud RI No. 81A
Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum
d.
dapat diintegrasikan
dengan aktivitas-aktivitas pendekatan saintifik sesuai dengan karakteristik
pembelajaran dalam Kurikulum 2013 sebagaimana diatur Permendikbud RI No. 81A Tahun 2013 tentang
Implementasi Kurikulum, Lampiran IV
tentang Pedoman Umum Pembelajaran
18. Yang
menjadi prinsip utama PBM adalah penggunaan masalah nyata sebagai sarana bagi
peserta didik untuk ….
a.
mengembangkan
pengetahuan dan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam memecahkan
masalah
b.
menunjukkan masalah
nyata yang terdapat dalam kehidupan
sehari-hari dan bermanfaat langsung apabila diselesaikan
c.
melatih peserta didik
untuk menjadi piawai dalam memecahkan kehidupan sehari-hari sehingga terbiasa
menghadapinya
d.
memberikan kesempatan
kepada peserta didik untuk memahami masalah dalam kehidupan nyata yang sering
mereka hadapi dalam kehidupan sehari-hari
19. Masalah
yang diberikan kepada siswa merupakan masalah yang terbuka (open-ended problem), hal ini mengandung
makna bahwa ....
a.
peserta didik dapat
menggunakan strategi pemecahan dan memberikan jawaban atas masalah yang
diberikan secara variatif sepanjang dapat dibenarkan secara ilmiah
b.
masalah
yang diberikan kepada peserta didik berbeda-beda tetapi mereka dituntut untuk
memberikan jawaban yang relatif sama
c.
masalah
yang diberikan kepada peserta didik dapat mendorong mereka untuk menemukan
masalah-masalah baru yang sejenis berikut jawabannya yang variatif pula
d.
memiliki
banyak jawaban atau strategi penyelesaian yang
mendorong keingintahuan peserta didik untuk mengidentifikasi strategi-strategi
dan solusi-solusi tersebut
20. PBM
merupakan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik (student-centered), sementara guru berperan sebagai fasilitator.
Salah satu tugas fasilitator adalah ….
a. memfasilitasi
peserta didik untuk secara aktif menyelesaikan masalah secara individual
sehingga dapat membangun pengetahuan dan keterampilan berpikir tingkat tinggi
b. memberikan
penjelasan kepada peserta didik tentang apa yang harus dilakukan serta
memberikan dorongan untuk belajar aktif sehingga menjadi pembelajar yang
mandiri
c. memberikan
kesempatan kepada peserta didik untuk menerapkan keterampilan berpikir tingkat
tinggi dalam memecahkan masalah secara individual
d. menyelaraskan
bahan ajar dengan kemampuan peserta didik untuk memecahkan masalah-masalah
21. Nilai
observasi diperoleh dari hasil pengamatan terhadap proses sikap tertentu pada
sepanjang proses pembelajaran dalam
….
a.
satu Kompetensi Inti
b.
satu kompetensi dasar
c.
dua kompetensi
dasar
d.
beberapa Kompetensi dasar
22. KKM ditentukan oleh Satuan Pendidikan dengan
mempertimbangkan ....
a.
karakteristik
kompetensi inti, Inteks, dan karakteristik peserta didik
b.
karakteristik
kompetensi dasar, Inteks, dan karakteristik peserta didik
c.
karakteristik
kompetensi dasar, daya dukung, dan karakteristik peserta didik
d.
karakteristik
kompetensi inti, daya dukung, dan karakteristik peserta didik
23. Pernyataan berikut ini yang tidak termasuk indikator sikap spiritual adalah
….
a.
Memberi salam pada saat
awal dan akhir presentasi
b. Mengucapkan
syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu
c. Bersyukur
atas nikmat dan karunia Tuhan Yang Maha Esa
d.
Mensyukuri kemampuan
manusia dalam mempertahankan emosi
24. Tindakan yang menghargai
keberagaman latar belakang, pandangan, dan keyakinan termasuk sikap toleransi.
Manakah dari pernyataan berikut ini yang tidak
termasuk indikator dalam indikator tersebut ….
a. Dapat
menerima kekurangan orang lain
b. Dapat
mememaafkan kesalahan orang lain
c. Mengganggu
teman yang berbeda pendapat
d. Menerima
kesepakatan meskipun berbeda dengan pendapatnya
25.
Nilai Kuantitatif dengan Skala 1 – 4 (berlaku kelipatan 0,33)
digunakan untuk Nilai Pengetahuan (KI 3) dan Nilai Keterampilan (KI 4). Jika seorang siswa mendapat nilai 70 dalam skala 0 – 100, maka konversi dalam skala 1 – 4
menjadi ….
a. 2.80
b. 2,70
c. 2,66
d. 2,60
26. Pengolahan Nilai Rapor (LHB) untuk Keterampilan menggunakan penilaian ....
a.
Kualitatif
dan deskriptif
b.
Kuantitatif
dan deskriptif
c.
Kualitatif
dan duantitatif
d.
Kuantitatif
dengan skala 1 – 4
27. Nilai kualitatif C jika
dikonversikan ke nilai skala 1 – 4 menjadi ….
a. 1,33 - 1.66
b. 1,66 - 2,00
c. 2,00 - 2,33
d. 2,33 - 2,66
28.
Perhatikan Pedoman Observasi Sikap Spiritual.
Petunjuk!
Hasil penilaian
sikap oleh guru yang memiliki kriteria sebagai berikut:
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai
pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai
pernyataan dan kadang-kadang
tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang
melakukan dan sering tidak
melakukan
1
= tidak
pernah, apabila tidak pernah
melakukan
Nama
Peserta Didik : Ahmad
Kelas
:
………………….
Tanggal
Pengamatan : …………………..
Materi
Pokok :
…………………..
No.
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Berdoa
sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
|
|
|
v
|
|
2
|
Mengucapkan
rasa syukur atas karunia Tuhan
|
|
v
|
|
|
3
|
Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan
pendapat/presentasi
|
|
|
v
|
|
4
|
Mengungkapakan
kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran
Tuhan
|
|
|
v
|
|
5
|
Merasakan
keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan
|
|
|
v
|
|
Jumlah
Skor
|
|
|
|
|
Berdasarkan data
di atas, maka Ahmad memperoleh nilai sikap dengan skor ....
a.
2,8 kategori Baik
b.
2,8 kategori Baik Sekali
c.
7,0 kategori Baik
d.
7,0 kategori Baik Sekali
kunci jawaban mana
BalasHapusmakasiihh
BalasHapus