Senin, 28 September 2015

SOAL PADAGOGIK






Berilah tanda silang pada jawaban yang paling benar dari sejumlah pilihan jawaban
yang tersedia..

1. Serangkaian kegiatan untuk menetapkan ukuran terhadap suatu gejala menurut aturan
tertentu adalah:
a. pengukuran
b. pensekoran
c. penilaian
d. pengujian
e. evaluasi

2. Serangkaian kegiatan yang sistematik untuk dapat menentukan manfaat atau
kegunaan suatu obyek atau program adalah:
a. pengukuran
b. pensekoran
c. penilaian
d. pengujian
e. evaluasi

3. Di bawah ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan assesmen
hasil belajar peserta didik, kecuali:
a. ditujukan untuk mengukur pencapaian kompetensi;
b. menggunakan acuan kriteria berdasarkan pencapaian kompetensi;
c. ditindaklanjuti dengan program remedial dan pengayaan;
d. dilakukan pengulangan jika ternyata hasilnya banyak yang jelek.
e. dilakukan sesuai dengan kegiatan pembelajaran;

4. Assesmen hasil belajar peserta didik harus memperhatikan prinsip-prinsip
sebagai berikut, kecuali:
a. sahih (valid)
b. objektip,
c. adil,
d. kooperatip;
e. terpadu.

5. Kemampuan yang berhubungan dengan minat dan sikap yang dapat berbentuk
tanggung jawab, kerjasama, disiplin, komitmen, percaya diri, jujur, menghargai
pendapat orang lain, dan kemampuan mengendalikan diri adalah kemampuan:
a. kognitif
b. afektif
c. psikomotor
d. psikologis
e. kepribadian

6. Di bawah ini merupakan beberapa kelebihan tes lisan, kecuali:

a. dapat menilai kemampuan dan tingkat pengetahuan yang dimiliki peserta
didik, sikap, serta kepribadiannya karena dilakukan secara berhadapan
langsung;
b. bagi peserta didik yang kemampuan berpikirnya relatif lambat sering
mengalami kesukaran dalam memahami pernyataan soal,
c. dapat dilakukan sesuai dengan kesepatakan antara pendidik dan peserta
didik dalam menentukan waktu dan tempat tes.
d. lebih obyektif bagi pendidik dalam memberikan penilaian.
e. hasil tes dapat langsung diketahui peserta didik;

7. Tes simulasi merupakan salah satu bentuk dari teknik penilaian:
a. lisan
b. prkatik/kinerja
c. penugasan
d. portofolio
e. penilaian diri

8. Di bawah ini langkah-langkah penting dalam melakukan assesmen, kecuali:
a. menentukan tujuan penilaian
b. memperhatikan standar kompetensi (SK) dan kompetensi dasar (KD).
c. menentukan jenis alat ukurnya, yaitu tes atau non-tes atau keduanya
d. menyusun kisi-kisi tes dan pedoman penskorannya
e. menentukan kriteria ketuntasan minimal

9. Di bawah ini beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam penentuan
materi terkait dengan assesmen, kecuali:
a. urgensi, yaitu materi secara teoritis mutlak harus dikuasai oleh peserta didik,
b. kontinuitas, yaitu materi lanjutan yang merupakan pendalaman dari satu atau
lebih materi yang sudah dipelajari sebelumnya,
c. relevansi, yaitu materi yang diperlukan untuk mempelajari atau memahami,
mata pelajaran lain,
d. keterpakaian, yaitu rnateri yang memiliki nilai terapan tinggi dalam kehidupan
sehari-hari.
e. ketuntasan, yaitu batas minimal kompetensi yang harus dimiliki peserta didik

10. Di bawah ini merupakan beberapa langkah-langkah dalam penyusunan butir
soal, kecuali:
a. menentukan tujuan tes;
b. menentukan kompetensi yang akan diujikan;
c. menentukan materi yang diujikan;
d. menentukan batas ketuntasan/kelulusan
e. menyusun kisi-kisi;

Soal Siap UKG Pedagogik 2014

11. Benjamin S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan urutan berikut:
a. ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi;
b. ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis, dan evaluasi
c. ingatan, pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi
d. ingatan, pemahaman, analisis, aplikasi, evaluasi, dan, síntesis.
e. ingatan, pemahaman, aplikasi síntesis, analisis, dan evaluasi

12. Norman E. Gronlund dan R.W. de Maclay mengembangkan domain

psicomotor dengan urutan berikut.
a. persepsi, respon terpimpin, mekanisme; kesiapan, respon yang kompleks,
organisasi, dan karakterisasi dari nilai.
b. persepsi, kesiapan, respon terpimpin, mekanisme; respon yang kompleks,
organisasi, dan karakterisasi dari nilai
c. persepsi, kesiapan, mekanisme, respon terpimpin respon yang kompleks,
organisasi, dan karakterisasi dari nilai
d. persepsi, kesiapan, respon yang kompleks respon terpimpin, mekanisme;
organisasi, dan karakterisasi dari nilai
e. persepsi, kesiapan, respon terpimpin, mekanisme, respon yang kompleks,
organisasi, dan karakterisasi dari nilai

13. Di bawah ini merupakan beberapa keterampilan berpikir yang dikembangkan
Linn dan Gronlund, kecuali:
a. membandingkan
b. menjelaskan
c. hubungan sebab-akibat
d. memberi alasan..
e. meringkas

14. Di bawah ini adalah jenis perilaku yang dikembangkan Quellmalz, kecuali:
a. ingatan
b. analisis
c. perbandingan
d. penyimpulan
e. mencipta

15. Di bawah ini merupakan kaídah-kaidah dalam penulisan soal dilihat dari materi,
kecuali:
a. soal harus sesuai dengan indikator.
b. setiap pertanyaan harus diberikan batasan jawaban yang diharapkan.
c. materi yang ditanyakan harus sesuai dengan tujuan pengukuran.
d. ada petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal
e. materi yang ditanyakan harus sesuai dengan jenjang jenis sekolah atau
tingkat kelas.

16. Penilaian yang meminta peserta didik untuk mendemonstrasikan dan
mengaplikasikan pengetahuan ke dalam konteks yang sesuai dengan kriteria
yang ditetapkan adalah:
a. penilaian projeck
b. penilaian kinerja
c. penilaian produk
d. penilaian portofolio
e. penilaian non tes

17. Validitas dalam penyusunan instrumen non tes yang mengacu berdasarkan teori
adalah:
a. validitas isi
b. validitas prediktif
c. validitas konstruk

18. Pada tingkat mata pelajaran, kompetensi yang harus dicapai berupa:
a. stándar kompetensi
b. kompetensi dasar
c. standar kompetensi kelulusan
d. indikator-indikator kompetensi dasar
e. kompetensi komperhensip

19. Penilaian yang didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang
diukur, hal tersebut merupakan prinsip penilian yang:
a. adil
b. obyektif
c. valid
d. sistematis
e. akuntabel

20. Penilaian yang dapat dipertanggungjawabkan, baik dari segi teknik, prosedur,
maupun hasilnya, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang:
a. adil
b. obyektif
c. valid
d. sistematis
e. akuntabel

Soal UKG Pedagogik 2013

21. Penilaian yang dilakukan secara berencana dan bertahap dengan mengikuti
langkah-langkah yang baku, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang:
a. adil
b. obyektif
c. valid
d. sistematis
e. akuntabel
22. Daftar pertanyaan merupakan bentuk instrumen untuk teknik penilaian:
a. tes tertulis
b. tes lisan
c. tes kinerja
d. jurnal
e. portofolio

23. Penilaian yang dapat menilai kemampuan dan tingkat pengetahuan yang dimiliki
peserta didik, sikap, serta kepribadiannya karena dilakukan secara langsung
adalah salah satu kelebihan dari teknik penilaian;
a. tes tertulis
b. tes lisan
c. tes perbuatan
d. wawancara
e. portofolio

24. Materi yang diperlukan untuk mempelajari atau memahami, mata pelajaran lain
adalah hal penting dalam membuat soal berdasarkan kriteria:

25. Materi secara teoritis mutlak harus dikuasai oleh peserta didik adalah
pertimbangan untuk dimuat dalam butir-butir soal berdasarkan kriteria:
a. urgensi
b. kontinuitas
c. relevansi
d. keterpakaian
e. kompleksitas

26. Rumusan pokok soal tidak menggunakan ungkapan atau kata yang bermakna
tidak pasti seperti: sebaiknya, umumnya, kadang-kadang, kaidah penulisan soal
pilihan ganda berdasarkan kaidah:
a. materi
b. konstruksi
c. bahasa
d. etika
e. kejelasan

27. Aspek yang dinilai di antaranya meliputi: (1) tahap persiapan: pemilihan dan cara
penggunaan alat, (2) tahap proses/produksi: prosedur kerja, dan (3) tahap
akhir/hasil: kualitas serta estetika hasil karya, langkah-langkah tersebut adalah
penilaian dengan menggunakan teknik penilaian:
a. kinerja
b. produk
c. penugasan
d. lisan
e. wawancara

28. kecenderungan bertindak dalam perubahan tingkah laku melalui latihan dan
pengalaman dari keadaan tidak tahu menjadi tahu yang dapat diukur melalui:
toleransi, kebersamaan dan gotong-royong, rasa kesetiakawanan, dan kejujuran
adalah definisi operasional dari:
a. minat belajar
b. sikap belajar
c. motivasi berprestasi
d. stress belajar
e. aktivitas belajar

29. Hal-hal yang berhubungan dengan emosi atau perasaan dalam mengukur sikap
termasuk dalam dimensii:
a. kognisi

30. KKM sebagai acuan bagi pendidik dalam menilai kompetensi peserta didik sesuai
kompetensi dasar mata pelajaran yang diikuti. Pernyataan tersebut merupakan:
a. fungsi KKM
b. prinsip KKM
c. tujuan KKM
d. manfaat KKM
e. peran KKM

Soal Siap UKG Pedagogik 2014

31.Ada beberapa teknik dan alat penilaian yang dapat digunakan pendidik sebagai
sarana untuk memperoleh informasi tentang keadaan belajar peserta didik.
Berikut ini yang merupakan teknik penilaian melalui tes adalah...
a. tes perbuatan
b. teknik wawancara
c. observasi
d. tes simulasi
e. lembar penilaian fortofolio

32. Kisi-kisi yang baik harus memenuhi persyaratan berikut ini, kecuali...
a. kisi-kisi harus dapat mewakili isi kurikulum
b. menggunakan kata kerja operasional
c. komponennya diuraikan secara jelas dan mudah dipahami
d. materi yang hendak ditanyakan dapat dibuatkan soalnya
e. kisi-kisi harus dapat mewakili materi yang telah diajarkan secara tepat dan
proposional

33. Menggunakan kata kerja operasional yang tepat, serta dapat dibuatkan soal atau
pengecohnya merupakan syarat dari...
a. penyusunan kisi-kisi
b. penentuan dan penyebaran soal
c. penulisan soal bentuk penilaian kinerja
d. penyusunan butir soal tes tertulis
e. perumusan indikator soal

34. Dalam penulisan soal bentuk uraian hal yang sulit adalah menyusun pedoman
penskorannya.
Berdasarkan
metode
penskorannya.
bentuk
uraian
diklasifikasikan menjadi 2 yaitu....
a. uraian objektif dan uraian non-objektif
b. komunikatif dan inovatif
c. evaluasi dan analisis
d. kesimpulan dan pendapat
e. justifying dan inferring

35. Sebuah penilaian yang meminta peserta didik untuk mendemonstrasikan dan
mengaplikasikan pengetahuan ke dalam konteks yang sesuai dengan kriteria
yang ditetapkan adalah:

36. Minat adalah kesadaran yang timbul bahwa objek tertentu sangat disenangi dan
melahirkan perhatian yang tinggi bagi individu terhadap objek tersebut. Pendapat
ini dikemukakan oleh...
a. Cror and Crow
b. Grondlund
c. Crites
d. Thrustone
e. Donal Cambell

37. Bentuk instrumen berupa daftar pertanyaan untuk teknik penilaian berikut ini
adalah...
a. tes tertulis
b. tes lisan
c. tes kinerja
d. jurnal
e. portofolio
38. Yang merupakan tes kreativitas adalah...
a. tes verbal
b. tes lisan
c. tes analisis
d. tes mengelompokkan
e. evaluasi

Soal Siap UKG Pedagogik 2014

39. Tahap persiapan, tahap proses/produksi dan tahap akhir/hasil, merupakan
beberapa aspek yang dinilai dalam penilaian...
a. project
b. product
c. performance Assessment
d. verbal
e. kinerja

40. Fungsi KKM adalah sebagai berikut, kecuali....
a.sebagai acuan peserta didik dalam menyiapkan diri mengikuti
penilaian mata pelajaran
b. merupakan target satuan pendidikan dalam pencapaian kompetensi tiap mata
pelajaran
c. merupakan kontrak pedagogik antara pendidik dengan peserta didik dan
antara satuan pendidikan dengan masyarakat
d. dapat digunakan sebagai bagian dari komponen dalam melakukan evaluasi
program pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah.
e. Sebagai kegiatan pengambilan keputusan yang dapat dilakukan mellaui
metode kualitatif atau kuantitatif.




PELATIHAN IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013


Petunjuk mengerjakan soal
1. Berdoalah  sebelum memulai mengerjakan soal.
2. Bacalah dengan cermat semua soal (jumlah soal 50 butir).
3. Jawablah soal di bawah ini pada lembar jawaban yang tersedia.
4. Jangan memberi tanda atau coretan pada soal.
5. Tulislah identitas saudara pada lembar jawaban yang telah tersedia.

Pilihlah jawaban yang paling tepat dengan memberi tanda silang (X) pada salah satu huruf: a, b, c, atau d  yang mewakili jawaban yang paling tepat pada lembar jawaban yang telah disediakan.

A.    PENDEKATAN DAN STRATEGI PEMBELAJARAN

1.      Pembelajaran yang menekankan pada pendekatan keilmuan, dan berdasarkan data  fakta serta kajian empirik, merupakan pembelajaran yang  menerapkan ....
a.       Pendekatan Saintifik
b.      Strategi Discovery Learning
c.       Strategi Project Based Learning
d.      Strategi Problem Based Learning

2.      Pembelajaran yang  menekankan pada pemecahan masalah yang tidak terstruktur (ill-structured) dan bersifat terbuka dalam menyelesaikan masalah untuk meningkatkan berpikir kritis, merupakan strategi pembelajaran ....
a.       Saintifik
b.      Problem Based Learning
c.       Project Based Learning
d.      Discovery Learning



4.      Pada saat guru bertanya, pada saat itu pula dia membimbing atau memandu peserta didiknya belajar dengan baik. Ketika guru menjawab pertanyaan peserta didiknya, ketika itu pula dia mendorong asuhannya itu untuk menjadi penyimak dan pembelajar yang baik.
     Pernyataan tersebut merupakan salah satu kegiatan pendekatan saintifik,  yaitu pada langkah ....
a.       mengamati
b.      menanya
c.       mengasosiasi 
d.      mengumpulkan informasi

5.      Peserta didik mempraktekkan  gerakan  bayang-bayang tubuh manusia pada saat kena sinar matahari.  Kegiatan tersebut merupakan salah satu langkah dalam penerapan pendekatan saintifik ....
a.       mengamati
b.      mengasosiasi
c.       mengkomunikasikan
d.      mengumpulkan informasi

6.      Dalam penilaian non tes perlu disiapkan ....
a.       Kriteria
b.      Rubrik
c.       Instrumen
d.      Standar penilaian

7.      Suatu teknik penilaian, di mana subyek yang ingin dinilai diminta untuk menilai dirinya sendiri berkaitan dengan status,  proses, dan tingkat pencapaian kompetensi yang dipelajarinya dalam mata pelajaran tertentu, adalah ....
a.       Penilaian diri
b.      Penilaian tes
c.       Penilaian non tes
d.      Penilaian kinerja

8.      Proses menarik sebuah kesimpulan yang dapat dijadikan prinsip umum dan berlaku untuk semua kejadian atau masalah yang sama, dengan memperhatikan hasil verifikasi, merupakan ....
a.       Spesifikasi
b.      Generalisasi
c.       Optimalisasi
d.      Standarisasi



9.      Berikut ini adalah kelebihan dalam penerapan pendekatan discovery learning, kecuali .
a.       Siswa akan mengerti konsep dasar dan ide-ide lebih baik
b.      Mendorong siswa berfikir dan bekerja atas inisiatif sendiri
c.       Metode ini dapat membantu siswa memperkuat konsep dirinya, karena memperoleh kepercayaan bekerja sama dengan yang lainnya
d.      Pengajaran discovery lebih cocok untuk mengembangkan pemahaman, sedangkan mengembangkan aspek konsep, keterampilan dan emosi secara keseluruhan kurang mendapat perhatian

10.  Menurut Bruner perkembangan kognitif seseorang terjadi melalui tiga tahap yang ditentukan oleh bagaimana cara lingkungan, kecuali ....
a.       Symbolic
b.      Enactiv
c.       Activ
d.      Iconic

11.  Yang tidak termasuk Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning=PBL) adalah ....
a.          Metoda pembelajaran yang menggunakan proyek/kegiatan sebagai media
b.         PBL merupakan pembelajaran konvensional yang menjadikan masalah nyata sebagai penerapan konsep-konsep ilmiah
c.          Peserta didik melakukan eksplorasi, penilaian, interpretasi, sintesis, dan informasi untuk menghasilkan berbagai bentuk hasil belajar
d.         Pembelajaran Berbasis Proyek merupakan metode belajar yang menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintegrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya dalam beraktifitas secara nyata

12.   Keuntungan Pembelajaran Berbasis Proyek  adalah ....
a.        Ada kemungkinan peserta didik yang kurang aktif dalam kerja kelompok
b.       Peserta didik yang memiliki kelemahan dalam percobaan dan pengumpulan informasi akan mengalami kesulitan
c.        Ketika topik yang diberikan kepada masing-masing kelompok berbeda, dikhawatirkan peserta didik tidak bisa memahami topik secara keseluruhan
d.       Meningkatkan motivasi belajar peserta didik untuk belajar, mendorong kemampuan mereka untuk melakukan pekerjaan penting, dan mereka perlu untuk dihargai



13.   Kelemahan Pembelajaran Berbasis Proyek adalah ....
a.        Meningkatkan kolaborasi
b.       Membuat peserta didik menjadi lebih aktif dan berhasil memecahkan problem-problem yang kompleks
c.        Mendorong peserta didik untuk mengembangkan dan mempraktikkan keterampilan komunikasi
d.       Banyak instruktur yang merasa nyaman dengan kelas tradisional, di mana instruktur memegang peran utama di kelas


14.  Penilaian proyek dapat digunakan untuk mengetahui pemahaman kemampuan pengelolaan. Yang dimaksud dengan kemampuan pengelolaan pada sistem penilaian proyek adalah ....

a.       Proyek yang dilakukan peserta didik harus merupakan hasil karyanya, dengan mempertimbangkan kontribusi guru berupa petunjuk dan dukungan terhadap proyek peserta didik
b.      Kesesuaian dengan mata pelajaran, dengan mempertimbangkan tahap pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan dalam pembelajaran
c.       Kemampuan peserta didik dalam memilih topik, mencari informasi, dan mengelola waktu pengumpulan data, serta penulisan laporan
d.      Kemampuan penyelidikan dan kemampuan menginformasikan peserta didik pada mata pelajaran tertentu secara jelas


15.  Penilaian proyek dapat digunakan untuk mengetahui pemahaman kemampuan relevansi. Yang dimaksud dengan kemampuan relevansi pada sistem penilaian   proyek  adalah .

a.       Kesesuaian dengan mata pelajaran, dengan mempertimbangkan tahap pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan dalam pembelajaran
b.       Kemampuan penyelidikan dan kemampuan menginformasikan peserta didik pada mata pelajaran tertentu secara jelas
c.        Kemampuan peserta didik dalam memilih topik, mencari informasi dan mengelola waktu pengumpulan data, serta penulisan laporan
d.       Proyek yang dilakukan peserta didik harus merupakan hasil karyanya, dengan mempertimbangkan kontribusi guru berupa petunjuk dan dukungan terhadap proyek peserta didik



16.  Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) sangat diperlukan dalam pembelajaran dewasa ini karena ….

a.       PBM berbeda dengan pembelajaran konvensional yang menjadikan masalah nyata sebagai penerapan konsep-konsep ilmiah
b.      peserta didik perlu mendapatkan konsep-konsep faktual dalam menyelesaikan masalah sehingga dapat menemukan strategi pemecahan masalah baru
c.       PBM menjadikan masalah nyata sebagai pemicu bagi proses belajar siswa untuk mengidentifikasi informasi dan strategi yang relevan menyelesaikan masalah
d.      peserta didik dapat memperoleh atau membangun pengetahuan tertentu dan sekaligus mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan keterampilan menyelesaikan masalah

17. Tahapan-tahapan PBM dilaksanakan secara sistematis berpotensi dapat mengembangkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah dan sekaligus dapat menguasai pengetahuan yang sesuai dengan kompetensi dasar tertentu. Tahapan-tahapan PBM tersebut ….

a.       disesuaikan dengan tingkat kesulitan masalah yang diberikan sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung secara saintifik dan memperoleh hasil yang diharapkan
b.      ditentukan sendiri oleh peserta didik dan disesuaikan dengan tingkat kompleksitas masalahnya sejalan dengan tahapan-tahapan pembelajaran saintifik
c.       dirancang bersama antara guru dengan peserta didik, disesuaikan dengan langkah-langkah pembelajaran saintifik dan disesuaikan dengan Permendikbud RI  No. 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum
d.      dapat diintegrasikan dengan aktivitas-aktivitas pendekatan saintifik sesuai dengan karakteristik pembelajaran dalam Kurikulum 2013 sebagaimana diatur Permendikbud RI No. 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum, Lampiran IV tentang Pedoman Umum Pembelajaran


18. Yang menjadi prinsip utama PBM adalah penggunaan masalah nyata sebagai sarana bagi peserta didik untuk ….
a.       mengembangkan pengetahuan dan kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam memecahkan masalah
b.      menunjukkan masalah nyata yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari dan bermanfaat langsung apabila diselesaikan
c.       melatih peserta didik untuk menjadi piawai dalam memecahkan kehidupan sehari-hari sehingga terbiasa menghadapinya
d.      memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk memahami masalah dalam kehidupan nyata yang sering mereka hadapi dalam kehidupan sehari-hari

19.  Masalah yang diberikan kepada siswa merupakan masalah yang terbuka (open-ended problem), hal ini mengandung makna bahwa ....
a.       peserta didik dapat menggunakan strategi pemecahan dan memberikan jawaban atas masalah yang diberikan secara variatif sepanjang dapat dibenarkan secara ilmiah
b.      masalah yang diberikan kepada peserta didik berbeda-beda tetapi mereka dituntut untuk memberikan jawaban yang relatif sama
c.       masalah yang diberikan kepada peserta didik dapat mendorong mereka untuk menemukan masalah-masalah baru yang sejenis berikut jawabannya yang variatif pula
d.      memiliki banyak jawaban atau strategi penyelesaian yang mendorong keingintahuan peserta didik untuk mengidentifikasi strategi-strategi dan solusi-solusi tersebut

20.  PBM merupakan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik (student-centered), sementara guru berperan sebagai fasilitator. Salah satu tugas fasilitator adalah ….
a.      memfasilitasi peserta didik untuk secara aktif menyelesaikan masalah secara individual sehingga dapat membangun pengetahuan dan keterampilan berpikir tingkat tinggi
b.     memberikan penjelasan kepada peserta didik tentang apa yang harus dilakukan serta memberikan dorongan untuk belajar aktif sehingga menjadi pembelajar yang mandiri
c.      memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menerapkan keterampilan berpikir tingkat tinggi dalam memecahkan masalah secara individual
d.     menyelaraskan bahan ajar dengan kemampuan peserta didik untuk memecahkan masalah-masalah




B.     PENILAIAN PEMBELAJARAN DAN PENULISAN RAPOR

21.  Nilai observasi diperoleh dari hasil pengamatan terhadap proses sikap tertentu pada sepanjang proses pembelajaran dalam .

a.        satu Kompetensi Inti
b.        satu kompetensi dasar
c.        dua kompetensi dasar
d.       beberapa Kompetensi dasar

22.  KKM ditentukan oleh Satuan Pendidikan dengan mempertimbangkan ....
a.       karakteristik kompetensi inti, Inteks, dan karakteristik peserta didik
b.      karakteristik kompetensi dasar, Inteks, dan karakteristik peserta didik
c.       karakteristik kompetensi dasar, daya dukung, dan karakteristik peserta didik
d.      karakteristik kompetensi inti, daya dukung, dan karakteristik peserta didik

23.  Pernyataan berikut ini yang tidak termasuk indikator sikap spiritual adalah ….

a.       Memberi salam pada saat awal dan akhir presentasi
b.      Mengucapkan syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu
c.       Bersyukur atas nikmat dan karunia Tuhan Yang Maha Esa
d.      Mensyukuri kemampuan manusia dalam mempertahankan emosi

24.  Tindakan yang menghargai keberagaman latar belakang, pandangan, dan keyakinan termasuk sikap toleransi. Manakah dari pernyataan berikut ini yang tidak termasuk indikator dalam indikator tersebut ….

a.       Dapat menerima kekurangan orang lain
b.      Dapat mememaafkan kesalahan orang lain
c.       Mengganggu teman yang berbeda pendapat
d.      Menerima kesepakatan meskipun berbeda dengan pendapatnya

25.  Nilai Kuantitatif dengan Skala 1 – 4 (berlaku kelipatan 0,33) digunakan untuk Nilai Pengetahuan (KI 3) dan Nilai Keterampilan (KI 4). Jika seorang siswa mendapat nilai 70 dalam skala 0 – 100, maka konversi dalam skala 1 – 4 menjadi ….
            a. 2.80                        
b. 2,70                        
c. 2,66                        
d. 2,60

26.  Pengolahan  Nilai Rapor (LHB) untuk Keterampilan menggunakan penilaian ....
a.          Kualitatif dan deskriptif
b.         Kuantitatif dan deskriptif
c.          Kualitatif dan duantitatif
d.         Kuantitatif dengan skala 1 – 4
27.  Nilai kualitatif C jika dikonversikan ke nilai skala 1 4  menjadi .
            a.  1,33 - 1.66                         
b.  1,66 - 2,00                         
c.  2,00 - 2,33
d.  2,33 - 2,66

28.  Perhatikan  Pedoman Observasi Sikap Spiritual.
Petunjuk!
Hasil penilaian sikap oleh guru yang memiliki kriteria sebagai berikut:

4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang
                  tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak
                   melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Nama Peserta Didik                   : Ahmad
Kelas                                          : ………………….
Tanggal Pengamatan                  : …………………..
Materi Pokok                             : …………………..

No.
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu


v

2
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan

v


3
Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi


v

4
Mengungkapakan kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan


v

5
Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan


v

Jumlah Skor





Berdasarkan data di atas, maka Ahmad memperoleh nilai sikap dengan skor ....
a.        2,8 kategori Baik
b.       2,8 kategori Baik Sekali
c.        7,0 kategori Baik
d.       7,0 kategori Baik Sekali

2 komentar: